PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TAS DUGAAN PENGURANGAN PULSA SECARA OTOMATIS PADA TELEKOMUNIKASI SELULER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

RELLA DINISA MARDIA PUTRI, 2019 PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TAS DUGAAN PENGURANGAN PULSA SECARA OTOMATIS PADA TELEKOMUNIKASI SELULER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Skripsi

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa dihadapkan pada realitas sosial yang sangat kompleks, salah satunya menyangkut kebutuhan akan komunikasi. Berbagai macam teknologi komunikasi dikembangkan dan telepon seluler menjadi alat komunikasi. Banyaknya jasa telekomunikasi seluler yang tersedia juga dapat menimbulkan kerugian seperti dugaan pengurangan pulsa layanan jasa pesan premium teregistrasi secara otomatis dan dugaan pengurangan pulsa pembelian paket internet dengan biaya pulsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen apabila adanya pengurangan pulsa secara otomatis dan upaya penyelesaian yang dapat dilakukan konsumen apabila adanya pengurangan pulsa secara otomatis pada telekomunikasi seluler ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Pada penyusunan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan yuridis normatif, yaitu analisa terhadap pasal-pasal dan peraturan perundang-undangan yang mengatur hal-hal yang menjadi permasalahan mengenai pengurangan pulsa secara otomatis digunakan mengingat bahwa permasalahan yang diteliti berkisar pada peraturan perundang-undangan, yaitu hubungan peraturan satu dengan peraturan lainnya serta kaitannya dalam realita yang terjadi. Spesifikasi penelitian yang dilakukan adalah secara deskriptif analitis, yaitusuatu metode penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan suatu peraturan perundang-undangan yang berlaku, teori hukum yang berlaku serta teori lainnya yang berkaitan dengan perlindungan hukum terhadap konsumen atas pengurangan pulsa secara otomatis pada telekomunikasi seluler. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian skripsi ini yaitu, studi kepustakaan dan studi lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi pengguna kartu seluler atas pengurangan pulsa secara otomatis terdapat pengaturannya dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Pelaku usaha harus bertanggung jawab atas berkurangnya pulsa secara otomatis yang merugikan pelanggan. Pelaksanaan tanggung jawab mengenai berkurangnya pulsa karena pemberian informasi tidak memadai belum sepenuhnya terealisasi karena masih ada konsumen yang masih merasa dirugikan. Selain itu, upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan sengketanya adalah pengguna jasa telekomunikasi seluler yang dirugikan dapat melakukan pengaduan pada operator seluler melalui Call Centre atau Costumer Service di gerai terdekat atau dapat melakukan penyelesaian sengketa melalui pengadilan maupun diluar pengadilan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen

Citation:
Author:
RELLA DINISA MARDIA PUTRI
Item Type:
pdf
Subject:
skripsi
Date:
2019