TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN UMUM DAERAH TIRTA RAHARJA MAJALAYA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DAN KELANCARAN AIR MINUM DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG - UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

WULAN SITI NURJANAH 41151010180030, 2023 TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN UMUM DAERAH TIRTA RAHARJA MAJALAYA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DAN KELANCARAN AIR MINUM DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG - UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Skripsi

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan mengkaji dan menjawab permasalahan Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya dalam memberikan pelayanan dan kelancaran pendistribusian air yang tidak maksimal. Pelayanan yang diberikan sesuai dengan pengaduan konsumen yang mengakibatkan kerugian seperti pendistribusian air yang tidak lancar, terhentinya instalasi pendistribusian air, dan pipa pendistribusian bocor, pengaduan ini mengakibatkan terganggunya pemenuhan kebutuhan konsumen selama di musim penghujan dan musim kemarau yang seharusnya Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya menjaga kontinuitas air atau kelancaran air sesuai dengan isi perjanjian kontrak berlangganan. Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya sebagai pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha jasanya sudah menjadi perbuatan yang harus di pertanggungjawabkan khususnya terhadap kerugian yang di derita konsumen dalam pemakaian jasanya. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yaitu analisa terhadap pasal-pasal kuhperdata, undang-undang perlindungan konsumen, peraturan pemerintah, peraturan daerah, dan peraturan perundang-undangan yang mengatur hal-hal yang menjadi permasalahan mengenai kerugian pelayanan perusahaan pendistribusian air. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan dan menganilis permasalahan yang dalam skripsi ini yaitu mengetahui Bagaiaman tanggung jawab Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya dalam memberikan pelayanan dan kelancaran pendistribusian air, Bagaimana upaya Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya meningkatkan pelayanan dan kelancaran pendistribusian air konsumen. Hasil dari penelitian yaitu bentuk tanggungjawab Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya dalam kegiatan jasanya tidak maksimal untuk pemenuhan kebutuhan konsumen pelayanan dan kelancaran pendistribusian air, pelaksanaan tanggung jawab dilakukan kepada konsumen yaitu dengan cara mendatangi rumah konsumen bersama petugas Perusahaan Umum Daerah Tirta Raharja Majalaya memberikan penjelasan kepada konsumen apa yang menjadi faktor penghambat pendistribusian air yang sering tidak lancar lalu memberikan tanggung jawab solusi sementara dengan mendatangkan mobil tangki air untuk memenuhi kebutuhan konsumen sementara. Selain itu petugas juga menjelaskan kepada konsumen akan melakukan upaya peningkatan pelayanan pendistribusian air yaitu upaya yang diberikan pembaharuan sarana dan prasarana seperti pembaharuan teknologi pendistribusian air, membeli lahan untuk pembaharuan sumber air baku. Kata Kunci : Konsumen, Pelayanan, Tanggung Jawab.

Citation:
Author:
WULAN SITI NURJANAH 41151010180030
Item Type:
pdf
Subject:
skripsi
Date:
2023