TINJAUAN YURIDIS MENGENAI WANPRESTASI JASA PENGIRIMAN BARANG BERDASARKAN KUHPERDATA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Rian Kusmaya Supriatna 41151010180022 , 2023 TINJAUAN YURIDIS MENGENAI WANPRESTASI JASA PENGIRIMAN BARANG BERDASARKAN KUHPERDATA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANGUNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Skripsi

Abstract

Munculnya jasa pengiriman barang yang kian menjamur di Indonesia seperti TIKI, JNE, JNT, serta berbagai macam jasa pengiriman lainnya telah menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman barang yang memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam hal pengiriman barang yang terjadi antar wilayah yang jangkauannya jauh dan luas. Dengan adanya jasa pengiriman barang maka proses pengiriman barang menjadi lebih efisien serta dapat menjangkau seluruh daerah yang terkadang tidak dapat dijangkau. Adanya kebutuhan serta kepentingan masyarakat akan pengiriman barang yang pada akhirnya membuat jasa pengiriman barang menjadi sangat penting keberadaannya pada kehidupan masyarakat. Salah satu masalah yang sering terjadi pada perusahaan ekspedisi di Indonesia adalah adanya keterlambatan dalam pengiriman barang serta barang yang sering hilang dalam perjalanan sehingga tentunya menimbulkan kerugian bagi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan konsumen serta upaya hukum atas kasus dengan perusahaan ekspedisi berdasarkan Undang Undang Nomor 6 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dimana dalam penelitian ini kasus yang dianalisa adalah kasus antara Tn, Alvarendra dengan TIKI serta PT Mandiri Maha Mulia dengan PT Dunia Parcel Express Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yang berarti suatu metode penelitian berdasarkan pada acuan hukum yang akan mengkaji lebih dalam mengenai asas, teori, aturan dalam hukum dikaitkan dengan hasil studi kepustakaan dan juga terkait dengan teori dan asas hukum serta peraturan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Analisa data yang digunakan penulis adalah yuridis kualitatif, yaitu dengan menganalisis data yang diperoleh dari peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan bahan hukum lainnya yang diteliti sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait dengan perlindungan hukum yang diberikan oleh Undang Undang Nomor 6 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen pihak perusahaan yang dalam hal ini adalah TIKI dan PT Dunia Parcel Express wajib memberikan ganti rugi kepada kedua customer atas nama Tn. Alvarendra dan PT Mandiri Maha Mulia. Sedangkan upaya hukum yang diajukan oleh Tn. Alvarendra adalah pengajuan keberatan ke BPSK hingga Kasasi ke Mahkamah Agung sedangkan PT Mandiri Maha Mulia mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum. Kata Kunci: Jasa Pengiriman, Wanprestasi, Upaya Hukum

Citation:
Author:
Rian Kusmaya Supriatna 41151010180022
Item Type:
pdf
Subject:
skripsi
Date:
2023